Senin, 02 Januari 2012

Review : When I Look Into Your Eyes

Review



Judul : When I Look Into Your Eyes
Pengarang : Netty Virgiantini
Genre : Teenlit
Terbitan : November, 2011
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Ya, ya, setelah sekian lama akhirnya saya membaca genre ini kembali. Sebagai bekal untuk menulis sebuah novel teenlit, saya terpaksa kembali berjibaku dengan remaja dan kehidupannya.

Memilih novel ini berawal dari nama—Arga dan Arya. Keduanya nama orang dekat saya dan saya tertarik ingin tahu bagaimana keduanya diceritakan di dalam novel tersebut.

Arga dan Arya hanya dua dari tiga tokoh utama dalam novel remaja tersebut. Seruni, gadis kelas dua SMA di Magetan yang punya kebiasaan terlambat ini adalah pemilik mata bundar indah yang menarik hati Arga dan Arya. Nyatanya, Arga dan Arya adalah kakak beradik yang jauh berbeda sifat dan tabiatnya.

Bumbu-bumbu cinta segitiga, tapi itu hanya di permukaan. Makin ke belakang, saya disuguhi oleh konflik masa lalu antara orang-orang dekat Arga, Arya dan Seruni. Bahwa keluarga Wardana ternyata memilik keterkaitan erat dengan ibunda Seruni. Mata bundar indah itu menjadi satu jembatan dan jawaban antara masa lalu dan masa sekarang yang hilang dalam hidup Seruni.

Ceritanya mudah ditebak? Ya. Namun di balik kisah romansa khas remaja, drama keluarga dalam novel ini merupakan menu utama. Diramu dengan kekonyolan-kekonyolan dan pertemanan khas anak sekolah membuat novel ini terasa ringan bahkan menyentuh. Pilihan setting cerita yang ditempatkan di Kota Magetan juga merupakan salah satu kelebihan dari novel ini. Menunjukkan bahwa remaja tak perlu hedon agar hidupnya dramatis. Humor dan drama-drama khas remaja di dalamnya pun diceritakan dengan apik yang membuat saya tak henti tersenyum setiap membuka lembarnya. Sungguh menghibur dalam-dalam!

Adit

0 komentar: